Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Viral Anggaran Bimtek Desa Kecamatan Gunung Meriah Mencapai Rp15 Juta per Desa

 


Besarnya anggaran kegiatan mengikuti Bimtek (bimbingan teknis) yang dikeluarkan pihak desa di Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deli Serdang menuai kritik warga.

Sebab untuk sekali mengikuti bimtek pihak desa mengeluarkan biaya sebesar Rp15 juta yang bersumber dari alokasi dana desa (ADD) dan sebelumnya tidak dianggarkan karena kegiatan bimtek selalu dilakukan mendadak.

Sementara dalam waktu setengah tahun ini, pihak desa sudah 3 kali mengikuti bimtek yang dilaksanakan oleh Pemkab Deli Serdang.

Direncanakan selama 3 hari mulai Rabu hingga Jumat (5-7 Juni 2024), 12 desa di Kecamatan Gunung Meriah mengikuti bimtek di Pancur Gading Hotel dan Resort Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.

Penjabat Kepala Desa Gunung Meriah, Geloria Tarigan membenarkan bimtek yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut menelan biaya Rp15 juta per desa.

Pun begitu, Geloria tidak kuasa menolaknya. Menurutnya, dia hanya mengikuti dan menjalankan perintah dari kabupaten.

“Hanya menjalankan perintah ketua saja,” jelasnya ketika dikonfirmasi via seluler, Selasa (4/6/24) malam.

Namun, penjabat kades tersebut tidak mau menyebut siapa ketua yang dia maksud. Menurutnya, bimtek tersebut akan diikuti oleh desa-desa di kecamatan Kabupaten Deli Serdang.

Namun Geloria mengaku baru desa di Kecamatan Gunung Meriah saja yang mendapat undangan untuk mengikuti bimtek, besok.

“Kabarnya diikuti oleh desa di kecamatan lain juga. Tapi setau saya baru desa-desa di kecamatan kami yang mendapat undangan,” jelasnya.

Tersiar kabar, kegiatan bimtek tersebut hanya dilaksanakan oleh pihak Kecamatan Gunung Meriah saja.

“Habis sebagian uang ADD untuk bimtek. Kita menduga kegiatan seperti merupakan kegiatan titipan. Begitu juga dengan barang-barang lain yang masuk ke desa. Bukan karena kebutuhan, tapi karena titipan oknum agar bisa menikmati sebagian ADD,” ucap warga desa.

Dikonfirmasi hal ini, Camat Gunung Meriah Budiman Sembiring tidak merespon. Pesan singkat tidak dibalas, panggilan telepon juga tidak diangkat. (sembiring/hm18)

Post a Comment for "Viral Anggaran Bimtek Desa Kecamatan Gunung Meriah Mencapai Rp15 Juta per Desa"